Sunday, March 15, 2009

KACAPIRING

Kacapiring sering juga disebut ceplok piring atau cepiring merupakan tumbuhan perdu yang tingginya ± 2 m. Tanaman ini banyak ditanam di halaman rumah karena memiliki bunga yang indah dan harum. Warna bunganya putih agak mirip dengan mawar. Aroma bunganya sering dipakai untuk minyak wangi. Tanaman ini mempunyai daun yang lonjong dan lebat, panjangnya ± 10 cm.


Kandungan & manfaat: Ekstrak air dan etilasetat dari daun kacapiring bersifat antibakteri karena mengandung zat flavonoida.


Kegunaan:
1.Demam:
15 lembar daun kacapiring diremas dengan diberi 1 1/2 gelas air. Peras dan saring. Kemudian campurkan dengan sedikit gula batu. Minum cairan ini 2x sehari.

2.Sari a wan:
7 lembar daun kacapiring diremas dengan diberi 1/2 gelas air. Peras dan saring. Kemudian campurkan dengan sedikit madu. Minum 2x sehari.

3.Diabetes:
12 lembar daun kacapiring direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini sekaligus dan lakukan setiap hari.

4.Sembelit:
3 biji buah kacapiring direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini diminum sekaligus sebelum tidur.


No comments:

Post a Comment