Sunday, March 15, 2009

KECUBUNG

KECUBUNG
(Datura metel L. atau Datura fastuosa L.)
Kecubung termasuk tumbuhan jenis perdu berbatang kayu tebal, yang tingginya 1 - 2 m. Cabangnya banyak. Daunnya berbentuk jantung dengan tepi berlekuk-lekuk dan letaknya berhadapan. Bunganya berbentuk seperti terompet, berwarna putih atau lembayung. Buahnya hijau, hampir bulat, bagian luarnya dihiasi duri dan dalamnya berisi biji-biji kecil berwarna kuning. Ada beberapa macam kecubung, selain yang berbunga putih, ada kecubung kasihan (Datura metel L) yang berbunga kecil berwarna antara merah ungu; kecubung kecil (Datura stramo¬nium, l), kecubung hutan (Brugmansia suaraneolens Humb, dan Bonyl. ex. Wild, Brecht, dan Presi) yang berbunga ganda
berwarna keunguan. Kecubung berbunga
putih dianggap paling beracun j. dibandingkan dengan kecubung lain.
Untuk itu pemakaian harus hati-hati dan dipakai hanya sebagai obat luar



Kandungan & manfaat: Kecubung mengandung alkaloid yang dikenal dengan nama hyosiamin dan skopolamin, yang sangat beracun. Di samping itu juga terdapat hiosin, zat lemak, dan co-oksalat. Catatan: Bila sampai keracunan kecubung, usahakan jangan sampai tertidur. Minum kopi i kental, dan hirup udara segar sebanyak mungkin!

Kegunaan:
1.Rematik, terkilir:
Cara I: 15 helai daun kecubung segar iris-iris, jemur, beri 10 sendok makan minyak kelapa. Simpan campuran ini selama sekitar 3 hari, lalu peras. Hangatkan cairannya. Gosok pada bagian yang nyeri.
Cara II: 5 - 10 helai daun kecubung, 1 bunga kecubung, seibu jari jahe, 2 - 3 siung bawang merah, ditumbuk halus. Tempelkan ramuan itu pada bagian tubuh yang sakit.

2. Asma:
Cara I: 10 helai daun kecubung cuci bersih, iris, jemur sampai kering. Linting dengan kelobot jagung, bakar dan isap seperti rokok. Sebaiknya, sehari 1 batang saja. Cara ini hanya untuk orang dewasa.
Cara II: Sedangkan untuk remaja dan anak-anak: daun atau bunga kecubung secukupnya, iris-iris, jemur, sampai kering, bakar. Hirup asap bakarannya.

3. Bisul:
3- 5 helai daun atau bunga kecubung ditumbuk. Tempelkan pada bisul agar segera matang.

4. Pegal, sakit pinggang, memar:
5 helai daun kecubung ditumbuk halus bersama kapur sirih secukupnya, diaduk rata. Gosokkan ramuan yang seperti bedak ini, pada bagian yang sakit.

5. Eksem:
4 helai daun kecubung tumbuk halus, beri sedikit minyak kelapa dan panggang di atas api. Hangat-hangat gosokkan pada eksem.

6. Ketombe:
7-10 helai daun kecubung kering diberi 4 - 5 sendok makan minyak kelapa. Masukkan dalam botol, tutup, jemur selama satu minggu. Setelah itu oleskan pada kulit kepala 2x sehari, pagi dan sore hari.


No comments:

Post a Comment