Sunday, March 15, 2009

KEJI BELING

KEJI BELING
Di kalangan suku Jawa, tanaman-tanaman yang berkhasiat menghancurkan batu ginjal disebut keji(keci)beling. Di bawah ini, kami hanya menyajikan beberapa jenis kejibeling.

SAMBANG GETIH
{Hemigraphis colorata Hall. f.J

Orang Jawa menyebutnya sambang getih, orang Sunda menyebutnya remek daging. Sambang getih merupakan tanaman liar yang tingginya cuma 0,25 cm. Daunnya yang berbentuk jantung, di sebelah atas berwarna hijau,'di sebelah bawahnya berwarna merah keungu-unguan. Tangkai pohonnya agak berbulu. Bunganya kecil berwarna putih kekuning-kuningan.

Suku: Acanthaceae

Kandungan & manfaat:
Daunnya mengandung banyak kalium dan sedikit natrium sehingga bermanfaat untuk melancarkan air seni dan J vv menghancurkan batu. Selain itu, kandungan minyak atsirinya bersifat antibakteri. Zat tanin pada sambang getih berguna untuk menghentikan diare.

Kegunaan:

Kegunaan:

1. Batu ginjal:
14 helai daun sambang getih Jr direbus dengan 2 gelas air selama 1/2 jam. Minum ramuan ini 2x sehari.

2. Melancarkan air seni:
1 tanaman sambang getih (daun berikut batang) direbus dengan 2gelas air selama 1/2 jam. Saring. Lalu, minum ramuan ini 2x sehari.

3. Menghentikan perdarahan sehabis melahirkan:
5 helai daun sambang getih, sedikit adas, sepotong pulosari ditumbuk halus, lalu peras. Airnya yang sudah disaring, diminum sekaligus.

4. Menghentikan perdarahan menjelang menopause:
Resep sama dengan no. 3.

5. Diare:
7 helai daun sambang getih direbus dengan 1 gelas air selama 1/4 jam. Setelah disaring, minum sekaligus.

6. Kudis:
Ambil daun sambang getih secukupnya. Setelah dicuci bersih, rebus dengan air yang agak banyak sampai mendidih. Sesudah agak dingin, gunakan air ramuan ini untuk mandi.

7. Luka:
Ambil beberapa helai daun sambang getih lalu tumbuk. Tempelkan ramuan ini pada luka.

8. Sembelit:
Sama dengan resep no. 3.



No comments:

Post a Comment