Sunday, March 15, 2009

KAYU PUTIH

KAYU PUTIH
{Melaleuca leucadendra L.)

Kayu putih merupakan tumbuhan perdu. Batangnya berkayu bulat, dan kulitnya mudah mengelupas. Daunnya tunggal berbentuk lancip, permukaannya berbulu. Dengan disuling, dari daun tumbuhan ini bisa dihasilkan minyak yang kita kenal sebagai minyak kayu putih.
Tumbuhan yang banyak didapatkan di Pulau Buru, Ambon, Seram dsb. itu berbunga majemuk, berbentuk bulir. Sedangkan buahnya berbentuk kotak beruang tiga, pada tiap ruang terdapat biji.

Suku: Myrtaceae

Kandungan & manfaat: Daunnya mengandung minyak atsiri, sineol, melaleucin dan buahnya mengandung zat tanin. Bersifat diaforetik, menghilangkan rasa sakit, membunuh kuman, mengencerkan dahak, dan antikejang.
Catatan: Bila akan digunakan untuk obat dalam, sebaiknya carilah minyak kayu putih yang asli. Karena di pasaran banyak merek minyak kayu putih yang sudah dicampur-campur dengan berbagai bahan pewarna dan bahan kimia lainnya.

Kegunaan:

Kegunaan:

1. Koreng:.
Kulit pohon kayu putih secu¬kupnya, seujung kelingking kunyit dan seibu jari asam jawa, ditumbuk halus. Tempelkan pada bagian yang luka/koreng.

2. Perut kembung:
1 sendok teh minyak kayu putih, 1/2 gelas air gula batu, diaduk rata.Minum sekaligus.

3. Keriput pada kulit perut (bagi wanita sehabis melahirkan):
20 tetes minyak kayu putih, 1 sendok teh kapur sirih, dan 1 sendok teh air jeruk nipis, diaduk rata. Oleskan pada perut setiap hari selama beberapa minggu.

4. Batuk:
1 sendok teh minyak kayu putih, parutan 1/4 biji pala, air perasan 1/2 jeruk nipis, dicampur jadi satu. Gosokkan pada punggung dan dada penderita. Lakukan ini 2x sehari, selama 3 hari.

5. Demam/mencegah stuip (pada anak):
Perasan 2 - 3 air jeruk nipis, 3 sendok makan minyak kelapa, 3 tetes minyak kayu putih, dan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus, dicampur jadi satu. Oleskan ramuan itu ke seluruh tubuh penderita, terutama pergelangan tangan, kaki, perut, dan ketiak. Selimuti tubuhnya sampai keluar keringat.

6. Flu:
2 sendok teh minyak kayu putih, 2 sendok teh minyak gandapura, 3 sendok teh minyak kelapa, 3 sendok air jeruk nipis. dicampur jadi satu. Gosokkan ramuan ini pada leher, dada, dan punggung 2xsehari.

7. Kejang (pada bayi):
Gosokkan minyak kayu putih pada hidung dan pada perut anak yang bersangkutan. Lakukan 1x sehari sebanyak yang diperlukan.

8. Masuk angin:
10 tetes minyak kayu putih, diseduh dengan 1/2 gelas air panas, beri 1 sendok makan madu, hangat-hangat minum 1/2 gelas 1 - 2x sehari.

No comments:

Post a Comment