Tuesday, January 13, 2009

KACANG PANJANG

KACANG PANJANG

Kacang panjang adalah jenis rerumputan merambat, melingkar-lingkar dengan buah polong yang panjangnya bisa mencapai 0,5 m. Daunnya berbentuk segi tiga, dimakan sebagai sayuran dan untuk makanan ternak. Sedangkan bunganya berwarna putih atau hijau muda, berbentuk kupu-kupu.


Kandungan & manfaat: Daun dan buahnya mengandung protein dan kapur/kalsium cukup tinggi. Selain itu juga mengandung tosfor, besi, magnesium, belerang dan vitamin Br B2, dan C.

Kegunaan:
1.Rambut rontok:
Segenggam daun muda kacang panjang cuci, tumbuk halus, beri 2 sendok makan minyak kastroli, remas, gosokkan ramuan ini pada kulit rambut sambil diurut. Lakukan 1x sehari pada sore hari sesudah mandi, bungkus rambut dengan handuk. Keramas rambut esok harinya.

2.Mengurangi ASI:
Segenggam daun kacang panjang tumbuk halus, beri 12 mg bubuk tawas, oleskan pada payudara (bukan pada puting).

3.Mastitis/payudara bengkak:
Daun kacang panjang secukupnya cuci sampai bersih, remas-remas dengan sedikit air kapur sirih, sampai daunnya lemas. Tapalkan pada payudara yang membengkak (kecuali puting). Bila daunnya kering ganti dengan yang baru, sampai sembuh.

4.Merawat payudara:
10 buah kacang panjang tumbuk halus sampai keluar sarinya, balurkan sari kacang itu pada payudara 2x seminggu.

5.Anemia:
1/2 genggam daun kacang panjang dicuci bersih, tumbuk halus, remas dengan 1 sendok makan madu murni, 2 sendok teh air jeruk nipis, peras, saring, minum 2x sehari 3 sendok makan.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment