Wednesday, December 10, 2008

DAUN URAT

DAUN URAT

Daun urat kadang disebut juga ki urat atau daun sendok. Banyak ditemukan di daerah pegunungan. Di perkebunan karet dan teh tanaman ini merupakan gulma. Daunnya berbentuk bulat lonjong, panjangnya ± 10 cm. Bunganya yang kecil berwarna putih kekuning-kuningan. Bijinya bulat kecil-kecil berwarna coklat kehitaman.

Kandungan & manfaat: Tanaman ini mengandung zat tanin dan kalium alkaloid yang berkhasiat melancarkan air seni dan antiradang. Selain itu, juga bermanfaat untuk menurunkan panas dan mengencerkan dahak.

Kegunaan:

1. Batu ginjal:
Cara I: 20 g daun urat direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x, sehari. Cara II: Ambil dan cuci sejumlah daun urat lalu ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya sampai 1/2 mangkuk. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

2. Batu empedu:
4 - 5 helai daun urat berikut akarnya, 7 helai daun gegaretan direbus dengan 2 gelas air sampai
airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari.

3. Ambeien:
100 g daun urat, 100 g daun wungu direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 1x sehari, siang hari sebanyak 1 gelas. Lakukan terus sampai 3 - 4 bulan.

4. Rematik:
Cara I: Sama dengan resep no. 1, cara I.
Cara II: Beberapa helai daun urat ditumbuk, lalu diolesi pada
bagian yang sakit. Ulangi setiap 3 jam.

5. Hepatitis:
1 genggam daun urat, 7 keping temulawak diseduh dengan 1 gelas air. Minum ramuan ini 1x sehari, masing-masing 1/4 gelas. Lakukan selama 1 - 2 minggu.

6. Diabetes:
15 g daun urat, 1/2 genggam brotowali, sedikit daun kumis kucing, 1 sendok teh adas, 1 sendok teh pulosari direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Saring. Lalu minum 1 gelas, setiap kali habis makan.

7. Keputihan:
10 akar pohon daun urat segar dilumatkan dengan sedikit air cucian beras ketan. Saring,, lalu minum ramuan ini sekaligus. Lakukan 1x sehari.

8. Cacingan:
Sama dengan resep no. 1.

9. Digigit serangga:
Beberapa helai daun urat ditumbuk halus, lalu tempelkan pada luka.

10. Bisul:
3 helai daun urat direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari.

11. Kudis:
5 helai daun urat,7 helai daun sambiloto direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari.

12. Cantengan:
Beberapa helai daun urat ditumbuk lalu dibalutkan ke jari yang cantengan, kemudian dibebat dengan kain kasa.

No comments:

Post a Comment